Kamis, 21 Juli 2011

Ragunan: Finding another friends on earth

Yah, today, 21 July 2011, on thursday, saya sedang libur kerja. as we know, saya kerja dalam sistem shift, dimana libur ngga paten di weekend day. hmm, biasanya, saya menghabiskan waktu libur 2 hari saya di kos dengan kegiatan bersih2-baca novel-internetan, atau nginep di kos teman atau juga ke mall belanja bareng teman (kalo liburnya weekend). baru 2 bulan kerja, belom terbiasa dengan kehidupan baru di sini membuat saya selalu bingung mau ngapain pas liburan. so, hari ini saya membuat libur yang berbeda! lain dari biasanya! lebih fantastis! dan bombastis! #eaaa,biasa aja kali...

dan libur satu hari ini (karena libur 1 hari lagi kepisah) saya lalui dengan PERGI KE RAGUNAN SENDIRIAN. at night before, saya tidur lebih awal karena pulang kantor udah suntuk banget (bukan karena teman kantor melainkan sariawan gede2 di mulut yang bikin bete seharian). jam 9 kurang udah tidur dan bangun esoknya jam setengah 4 pagi. tumben2an gitu ya, orang macam saya bisa bangun sepagi itu. sholat subuh, internetan, nyuci baju, lalu tidur lagi sebentar (hehe). pas udah bangun lalu kepikiran mau ngapain seharian ini. secara, dulu waktu masih anak kampus, adaaaaaa aja kegiatan. kegiatan club, lab, akademik, maen sama teman2 kos, dsb. tapi sekarang, i have no other activity but working! hell!

Entah kenapa saya kepikiran mau ke Ragunan. SMS teman tanya lokasi, dan berangkatlah saya, sendirian. well, at weekday it's impossible to ask a friend for a help. berbekal beberapa snack, air minum 1 botol, novel, dan netbook (cz sapa tau ada wifi area buat nulis blog -suasana adem bikin nulis lebih lancar) dalam 1 tas ransel, saya pergi naek bus transjakarta arah ragunan (pemberhentian terakhir). dari tempat saya ke Ragunan hanya satu kali busway, tapi lamaaaa banget, ngga nyampe-nyampe. karena saking lamanya, saya sampe mengantuk. dan gebleknya, saya selalu latah sama kerumunan atau arus manusia. pada saat nyampe suatu halte, dan banyak orang turun, saya kira ini pemberhentian terakhir, lalu ikutlah turun sampai saya keluar shelter halte. saya udah tersenyum lebar dan yakin banget udah nyampe karena terpampang di kanan jalan poster Gorilla gede. dengan pedenya, saya bertanya ibu2 di jalan letak pintu masuk Ragunan, dan si ibu dengan mesem bilang "masih jauh mbak. naek busway aja". dan tersadarlah saya bahwa saya turun di halte yang salah. back to halte, ternyata ada anak2 kuliahan bertiga juga salah turun. bus yang saya naiki kemudian adalah bus terakhir arah ragunan. fiuuuh, hampir saja..

sampai di Ragunan, pintu gerbangnya gede, dan biarpun masi weekday, banyak juga keluarga, anak2 sekolah, bahkan orang2 kantoran yang jalan2 ke sana.waktu mau pergi ke loket tiket, ada mas2 bergerombol 6-8 orang manggil saya dan menawari tiket karena mereka kelebihan. antara kaget, takut diapa2in, dan senang, akhirnya saya bilang "eh,makasih loh" #eaaa...
dan memang beneran mereka baik dan tidak mau diganti uangnya (wong harga tiket cuman 5ribu aja :p). hepi banget.. :D

Ragunan sejuk banget. Jauh berbeda sama sumpeknya jalanan Jakarta. banyak pohon2 tinggi yang saya sendiri kurang familiar karena bukan pohon yang biasa ditanam di pemukiman atau berada di jalan-jalan. tempatnya juga luas banget, Kebun Binatang Surabaya kalah. gak cukup sehari buat muter2. fasilitas lumayan lengkap untuk tempat wisata, walaupun kurang terawat. ada mushola yang tempat wudhunya terpisah antara co dan ce, warung makan, kios minuman dan snack, kios souvenir dan toilet. fasilitas yang komersil ada juga, seperti kereta gantung, tukang poto keliling, bombomcar dan kereta kelinci. bahkan arena anak juga ada. tapi sayangnya, saya nggak nemu peta lokasi, hanya penunjuk arah.

di setiap lahan kosong tanpa kandang binatang atau agak jauh di depan kandang binatang, terhampar rumput, bahkan taman, yang disediakan juga bangku duduk. saat saya capek muter-muter, akhirnya saya duduk di bangku depan kandang komodo, dan mulai membaca buku (lagi namatin "Naked Traveler") sambil makan snack. lalu pindah lokasi, depan kandang singa terbuka yang dibatasi sungai kecil dan pagar. agak serem sih, tapi viewnya bagus dan nyaman. saya mengurungkan niat untuk menulis karena ngga berani buka laptop di sini. disamping agak sepi, juga karena kadang ada pengamen dan peminta-minta yang bikin saya curiga dan parno sendiri (cz mreka maksa dan saya lg g bawa receh -kan uda bawa bekal, jadi g bawa uang receh buat beli snack,dll).

Binatang di Ragunan lumayan lengkap, mulai dari unggas, reptil, mamalia, primata, dan hewan2 gede semacam gajah atau jerapah. yang g saya temuin itu ikan, tapi ini mungkin karena belum semua tempat saya lewati. secara, berangkat aja jam dua belas siang, di sana cuman 4 jam, dimana 1 jam saya pakai baca buku. untuk primata, ada tempat tersendiri yang lebih gede, dan kalo masuk bayar lagi. Di sana banyak "Big Brothers" seperti siamang, gorilla, orang utan, dll. sayangnya, saya tidak sempat ke sana karena pas nemu tempatnya uda kesorean, loket dah tutup. next time kalo kesana lagi g bakal aq lewatin, cz ini wahana khas dari Ragunan. hehe..

Oh ya, di dekat pintu masuk ada patung gorilla gede yang jadi maskot Ragunan. Wajib poto tuh.. tapi, lagi-lagi saya melewatkan poto session sama gorilla, karena ga punya kamera. haha, how poor i am. ah, gajian ntr beli camdig deh.. :D

Ah, that's enough i think. semua yang ada di Ragunan uda saya ceritain. Last, i wanna say, tamasya rame2 itu asik, tapi kalo sendirian itu menyenangkan. :)

mari tamasya di lain kesempatan. dadah baibaiii~!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar