Kamis, 24 Februari 2011

Abstrak TA saya (Tugas Akhir semasa kuliah S1: part 1)


Blog agaknya selama beberapa hari ini, dalam hitungan 4 postingan, hanya menjadi ajang menyampah. Tak lebih dari sekedar "diary" karena memang ide awal bikin blog ini adalah untuk memberitahu kabar saya dan apa yang sedang saya lakukan kepada teman2 saya yang semakin jauh, juga sebaliknya..

Setelah 3 sahabat saya semasa kuliah telah mambuat blog (atas usul saya agar tetep keep in touch, kami saling follow masing2, dan salah satu teman punya ide mau masukin penelitian tugas akhir kami semasa kuliah dulu. dan setelah saya pikir2... ini ide menarik kawan!!..

sebelumnya, saya ingin beritahu latar belakang studi saya sebelum beranjak membahas tugas akhir saya. Saya kuliah di Teknik Fisika ITS tahun 2006 dan wisuda tahun 2010, mengambil bidang minat instrumentasi dan kontrol. Dari bidang minat ini kemudian saya mengambil Tugas Akhir mengenai pengendalian manuver kapal laut. Penelitian ini merupakan proyek penelitian dosen, dan saya dibimbing oleh dua dosen sekaligus (dimana salah satunya merupakan dosen jurusan Teknik Sistem Perkapalan). TA terselesaikan dalam 1 semester (+/- 5 bulan).

so, langsung saja saya tunjukkan abstrak TA saya. lain kali saja ya saya bahas. mungkin di part 2.. uda malem dan saya capek.. maafkan.. ^^

Judul TA: PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN OPTIMAL MULTIVARIABEL LINEAR QUADRATIC GAUSSIAN (LQG) PADA KAPAL fpb 38 UNTUK MENINGKATKAN PERFORMANSI MANUVERING

ABSTRAK:
FPB 38 adalah kapal patroli kelas kecil yang dimiliki oleh TNI-AL dan digunakan untuk patroli di wilayah Indonesia dengan tujuan menjaga keamanan. Karena misi tersebut, kapal ini membutuhkan kecepatan tinggi dan kemampuan manuver yang sangat baik. Untuk meningkatkan performansi manuvering kapal ini dibutuhkan kendali yang optimal. Pada penelitian ini, Linear Quadratic Gaussian (LQG) sebagai sistem kendali digunakan untuk mengendalikan sistem manuvering pada FPB 38. karakteristik dari kendali LQG adalah sifat robust (kokoh) dan dapat menangani gangguan dalam frekuensi tinggi. LQG digunakan untuk mengontrol dua variabel keadaan yaitu sway dan yaw, dan menangani gangguan gelombang laut. Untuk mengetahui peningkatan yang diperoleh dari kendali LQG, yaitu hasil simulasi manuver seperti turning, zig-zag dan tracking setpoint dibandingkan dengan kriteria manuver IMO, dan hasilnya terlihat bahwa sistem kendali yang digunakan dapat bekerja untuk meningkatkan performansi manuvering.

8 komentar:

  1. bagi yang membaca, harap hati2 karena hasilnya error error error dan error :D

    BalasHapus
  2. hasyeeemmm..

    untuk yang sudah membaca stipper milik rolemode.blogspot.com,, jangan langsung percaya!!
    kontrollernya NEGATIPP!!!

    BalasHapus
  3. heeeh positip ding!!
    masak error langsung depresi di taman graha

    BalasHapus
  4. plis deh. aq depresi ke kolam graha itu bukan karena TA!!

    mosok gara2 kontroller negatip sampek mojok di lab bahan!! cih..

    BalasHapus
  5. wkwkwkwkwkwkwk
    jangan rebutan negatip-negatipan tah,,

    BalasHapus
  6. ini sisan, yg suka kompaksi, maen magnet2an,..
    beli langsung magnet ke toko napa..
    wkwkwkwk

    BalasHapus
  7. halah Din, lek depresi TA biasane mancing nang kolam graha ngunu padahala nang kono wis jelas2 ono tulisan "DILARANG MEMANCING", ckckck...

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus