Rabu, 02 Maret 2011

Puisi Jadul Saya

Saya tertarik dengan sastra. Sastra menurut saya adalah tempat yang bebas untuk berekspresi. Bahkan sastrawan-sastrawan kita, semacam Bapak Sapardi Djoko Damono, mengekspresikan puisinya menjadi musikalisasi puisi. Puisi saat ini bukan sekedar tulisan di kertas (visual), tetapi juga bisa dimusikalisasikan (audio) bahkan dibuatkan tarian, drama, dsb. Sastra itu ekspresi yang bebas. Seperti "Kredo Puisi" milik Sutardji Calzoum Bachri, beliau bilang kalau kata itu adalah pengertian itu sendiri, dia bebas.. (kira2 seperti itu :) ) sehingga dalam puisi karya beliau, seringkali pembaca (atau penikmat puisi) dibikin bingung dengan apa yang hendak beliau sampaikan, apa makna puisi yang beliau tulis. Karena saking bebasnya beliau memasukkan kata-kata dalam puisinya, penikmat puisi bilang itulah daya tarik puisi karya beliau. Berbeda dengan Bapak Sapardi Djoko Damono, beliau sungguh romantis dalam mengatur dan memilih kata-kata. Sungguh rapi dan kadang kala membaca puisinya dibuat terlena akan susunan kata dan penikmat lupa akan makna puisi itu.

Sejak SMA saya suka menulis puisi. Hobi ini awalnya karena kegemaran membaca majalah Horison yang biasanya saya pinjam dari kakak saya. Hobi ini sampai kuliah juga masih lanjut, walaupun frekuensinya mulai menurun sih.. Posting kali ini saya pengen liatin beberapa puisi sendiri yang udah lama banget nulisnya (alias jadul). Ini beberapa yang pernah saya tulis dan tersimpan dalam flasdis saya, untuk yang di buku (bahkan diary) mungkin saya tulis kapan-kapan saja ya.. ^^

kadang,, awan yang menggumpal di sudut hari enggan turun dan menyapa dalam hujan.. 
kadang,, matahari yang terik di sudut hari yang sama, bersama angin, 
menyapamu dalam langkah lelah dan ketidakpastian. 
kamu, meski sendiri, dalam jalan itu. tolong, yakinlah!

--- Puisi pertama ini saya buat pada masa Tugas Akhir. Saat itu saya sedang berusaha keras untuk menyelesaikan TA dan merasa tidak mungkin terselesaikan salam 1 semester, dan lahirlah puisi penyemangat itu. hahahaha.. begitulah.. saya suka menyemangati diri sendiri. Saya suka mencari obat dari diri saya sendiri saat mental mulai jatuh atau hati sedang kacau. dan puisi ini sepertinya mempercepat saya menemukan semangat saya lagi dan TApun selesai dalam 1 semester. (alhamdulillah..)
 Puisi selanjutnya..

jika suatu hari.. daun di pinggir kolam melayang menuju parit.. 
ia pasti ingin mengalir. 
ia bosan diterpa angin. 
lihatlah! 
ia menguning karna matahari.. 
saat ini,
ia terlonjak! 
tak pernah ia bermain air.. 
ia bertanya, di dunia manakah aku selama ini?

-- Puisi kedua ini saya lupa kapan menulisnya dan mengapa.. (ngahahahah..)

ruang kosong. 
bercat putih,
beratap rendah,
dan berubin tanah. 

JANGAN KAU RATAPI!!! 

itu adalah kamu yang selama ini berdiam diri!! 
coba kau lempar suara keluar!! coba kau cari pintu keluarnya!! 
kau gila!! kau tak sanggup hidup dalam dunia yang kau inginkan sendiri!!
kenapa kau berdiam diri saja??!! RASAKAN!!

--sama seperti puisi kedua, untuk yang ketiga ini saya juga lupa.. -___-"


seekor elang menukik tajam ke arahku. seakan aku mangsa untuknya. 
aku pun menerkamnya! dia habis di mulutku! 
tak tahukah ia.. aku hidup bukan untuk kalah! 
aku hidup karena kau menantangku untuk melakukannya!

--Puisi Ke empat ini saya tulis karena marahnya saya pada sesuatu (tak perlu disebutkan siapa dan kenapa). >:)

Nah, kira-kira begitulah gaya saya dalam berpuisi. Begitulah cara menulis dan apa yang ingin saya sampaikan dalam puisi. Cenderung mengambil topik biasa-biasa saja, yaitu puisi-puisi penyemangat diri saja. Karena memang saya berpuisi untuk itu. Puisi adalah ekspresi semangat hidup saya. Adalah cara saya memberi motivasi dalam apa yang saya kerjakan. Adalah langkah yang setiap hari saya hentakkan. puisi adalah seperti catatan harian saya. :)

oh ya, saya jarang memberi judul pada setiap puisi yang saya buat. Entahlah.. jika diberi judul, rasanya kata-kata yang sudah saya tulis menjadi terikat dan tak lagi bebas. Padahal puisi adalah ekspresi saya yang bebas memberi kebaikan-kebaikan dalam hidup saya (ceilaah.. :p )

sekian. have a good day ^^

2 komentar:

  1. bebek saya!!!
    din, baca blog ku yg post paling awal cucok bwt qt2 ^,^

    BalasHapus
  2. BEBEK KITA!!
    hahaha. tips cantik??! cuiihh.. :p

    ntr deh stlh aq beli alat2 make up hbis gajian, aq mau bikin tutorial make up! :D

    eh, foto flanelq kirim k email dong. thanks

    BalasHapus