Sabtu, 26 Maret 2011

Tutorial Pin Boneka Flanel

Hi all,
Sudah lama saya nggak nulis blog. Kali ini, saya pengen sharing cara bikin boneka flanel kecil untuk dijadiin pin/bros. Mudah kok. Asal telaten sih. At first, kamu harus cari tahu dulu how to make tusuk feston. Anyway, dalam tutorial ini nanti, saya anggap  kalian uda ngerti ya cara membuat tusuk feston. Coba search aja pakai google ya, kalau digambarin pake kata-kata, susah ngejelasinnya. Dan saya juga lupa gak motret (diri saya sendiri) waktu menjahit. So, here we goes, 
“Tutorial Membuat Boneka Flanel Ala Master Dina”
Step 1 
Yup!! Langsung saja, step pertama adalah mempersiapkan alat dan bahan sesuai yang saya catet di bawah ini:
1.       Kain flanel 2 macam warna, warna pertama untuk kulit (bisa putih atau cream) dan warna kedua adalah baju yang dipakai boneka (apa saja, terang lebih oke)
2.       Dakron atau kapas sintetis sebagai isi boneka biar empuk
3.       Benang woll (yang biasanya untuk merajut syall) untuk dijadiin rambut
4.       Benang jahit biasa warna putih dan hitam (atau senaada dengan warna baju boneka)
5.       Jarum
6.       Gunting
7.       Kertas dan pensil untuk bikin pola boneka
8.       Lem UHU
9.       Peniti belakang (yang biasanya untuk bros)
10.   Then, senyum manis dulu sebelum mulai :) 
Step 2 
Buatlah pola boneka yang terpisah antara kepala (2 sisi), baju (2 sisi), tangan (2), dan kaki (2). Lalu, ambil bagian kepala depan, lakukan tusuk jelujur untuk membentuk mata dan mulut. Setelah usai, tempelkan bagian belakang kepala dan tusuk feston di bagian pinggir kepala sampai tersisa sedikit bagian yang terbuka, masukkan dakron secukupnya. Jahit lagi hingga seluruh bagian pinggir kepala.
Step 3 Ambil 5-7 helai benang wol dengan panjang disesuaikan dengan panjang rambut yang diinginkan. Tempelkan di atas kepala boneka, jahit bagian atas agar benang menempel kepala dan seperti membentuk belahan rambut. Kemudian jahit juga bagian kiri dan kanan rambut agar melekat di kepala seperti sedang dikuncir. 
Step 4 Siapkan baju sisi belakang untuk ditempeli dengan tangan dan kaki. Tempelkan baju bagian belakang dengan bagian depannya dan tusuk feston di pinggir baju dan jangan lupa isi dengan dakron.     
Step 5 
Setelah bagian kepala dan Badan telah selesai, tempelkan kepala dengan badan menggunakan lem UHU. Biarkan kering, lalu tempelkan peniti di bagian belakang menggunakan lem UHU juga. 
Finally, Boneka flannel sudah selesai dan siap dipakai untuk aksesoris jilbab dll..
 
  
     
 
 
Selamat mencoba ^^

1 komentar: